TIPS Membeli Aset Properti Yang Murah

Investasi properti tanah merupakan investasi primadona saat ini dan ingin dimiliki banyak orang, selain harganya yang terus naik, tidak ada penyusutan, tapi juga terbukti resisten terhadap perubahan ekonomi yang ekstrem sekalipun. Belum pernah terdengar cerita ada penurunan harga jual tanah.

Nah berikut ini ada beberapa tip yang bisa dijadikan acuan untuk investasi properti tanah , antara lain :

1. Beli di daerah yang belum berkembang. Tentu ada perbedaan apabila membeli tanah di daerah belum berkembang dengan di daaerah perkotaan, harganyapun sangat jauh berbeda. Jika ANDA jeli, tentu saja ini adalah sebuah peluang, jangan lihat hari ini coba lihat 1 atau 2 tahun mendatang. Coba kita tengok kawasan elit saat ini, saya contohkan kawasan BSD Tangerang Provinsi Banten, dulu tempat ini oleh orang kampung sekitar disebut *"tempat jin buang anak"* tapi dalam tempo singkat kini tempat tersebut telah berubah jadi kawasan elit, harga tanah untuk daerah sekitarnya pun naik berkali kali lipat.

2. Beli dari developer, biasanya developer membeli tanah dalam jumlah yang sangat luas dan pastinya dengan harga yang sangat murah, bandingkan apabila kita beli langsung pasti harganya jauh lebih mahal karena kita beli dengan luas yang lebih sedikit. Developer biasanya menjual kembali dalam bentuk kavling-kavling dengan harga yang lebih terjangkau. Nah disinilah sebetulnya kesempatan kita untuk berinvestasi, yaitu dengan memanfaatkan developer secara tidak langsung.

3. *Beli pada saat soft launching jangan pada saat grand launching.* Soft Launching adalah peluncuran tahap pertama oleh developer atau bisa disebut juga pre launching, soft launching dilakukan developer untuk mengukur tingkat minat pembeli. Nah pada momen ini biasanya developer memberi diskon besar bahkan bisa sampai setengah harga normal. Pada saat soft launching biasanya masih berupa lahan kosong dan belum ada fasilitas apapun. Jika *ANDA* jeli inilah momen dimana harga sangat murah, jangan menunggu momen *Grand Launching* karena pasti harga naik, terlebih lagi ketika sudah dibangun berbagai fasilitas pendukung dan sudah mulai ada pembangunan....*pastilah harganya berlipat-lipat*.

Nah itulah beberapa tips bagi *ANDA*, ayo!! mari kita berinvestasi *CERDAS*

Semoga bermanfaat
*Barokalloh*

Penulis :
Mulyadi - Profesional Properti Syariah
#dari berbagai sumber#